jengkol, makanan favorit semua kalangan

Kalau di Amerika punya makanan favorit seperti pizza, salad, pasta, dll. Lain hal-nya dengan Indonesia. Salah satu makanan khas yang unik dan menarik, yang selalu menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia tentunya yaitu jengkol. Jengkol bisa digoreng, yang sering divariasikan menjadi semur jengkol.

Makan jengkol punya stereototip bahwa jengkol hanya dimakan oleh kalangan masyarakat menengah kebawah. Ternyata tidak hanya masyarakat di kalangan menengah ke bawah saja yang menyukainya tetapi juga masyarakat kalangan menengah keatas pun juga ikut menyukainya.

Jengkol atau jering atau Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum termasuk suku polong – polongan. Buahnya seperti polong dan berbentuk gepeng terbelit yang membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Jengkol memiliki kulit ari yang tipis dengan warna coklat mengilap.

Khasiat yang terdapat pada jengkol yaitu dapat mencegah penyakit diabetes dan juga baik untuk jantung di tubuh kita.

Selain itu tanaman jengkol dapat menyerap air lebih banyak dibandingkan tumbuhan lainya. Hal ini bisa kita lihat di lereng – lereng gunung dan bukit di sekitar sumber mata air Bogor yang dapat mengurangi bahaya banjir.

Tuh ternyata jengkol itu ada manfaatnya juga kan?

kenapa kita enggak mengkonsumsinya sekali-sekali..

Sapa yang disini suka jengkol..??? *unjuk jari…*hohoho.. karna gw penyuka jengkol juga. Walaupun cuma sekali-sekali makan *itu pun dirumah sepupu bareng Om gw* Asal jangan lupa aja selalu bersihkan WC yang bau krn jengkol.. hihihi..

Tags: ,

9 Responses to “jengkol, makanan favorit semua kalangan”

  1. cK Says:

    ah, gue gak suka jengkol.🙄

  2. sandymc Says:

    idem ama mbak2 yang komen diatas saya ~.~

    kalau soal jengkol itu sehat… saya pilih cara lain untuk jadi sehat daripada makan jengkol deh >.>

    emang saya blom pernah makan jengkol sih.. (lagian kata sebagian orang gak enak >.> ).. anw.. tanpa ngeliat ‘about tere’ nya… ini pasti tere yang skantor sama cika yah🙂

    met kenal ya🙂

  3. antobilang Says:

    selain baunya di mulut… hm… kasian kamar mandinya juga😀

  4. tere Says:

    2:cK
    cobaiin ck..diikiiiit aja…ntar ketagihan loh..hohoho..

    2:sandymc
    huahaha..bener juga sih *brubah pikiran..hehehe*
    sebenernya sih tergantung dr seleranya.. hohoho..
    met kenal juga *akhirnya ktauan temennya cK*

  5. edy Says:

    saya cuman suka krupuk jengkol

  6. YOH Says:

    ini blog adalah salah satu alibi tere begitu gw bilang “beb mulut kamu bau!”

  7. tere Says:

    @edy
    emang ada ya krupuk jengkol *serius*

    @YOH
    wakakaka.. dasar kamuuuuuuuuu maaah..*nada manjaaa…*

  8. deby Says:

    makan jengkolnya di hum gue tuh.hahahaha

  9. dedy Says:

    jengkol my favourite foooooooooooooooooand…….pak bondan bilang mak nyus,,,saya bilang muak nyuuuuueeeeeeeeessssssssssaaaaaaaaawkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: