BOOMINGNYA si BATIK

Hari minggu, gue dan sekeluarga pergi ke suatu pameran, Inacraf. Kaget juga melihat padatnya lalu lintas di kawasan senayan, macet merepet pokoknya. Untuk masuk ke kawasan JHCC saja membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai kesana*nge-buat gue makin penasaran emangnya ada apa sih sampai segitunya*.

Setelah bergulat dengan waktu yang cukup lama, tibalah gue di kawasan parkir, dan mudah banget dapet parkirannya, eh..ga taunya.. bayar goceng lagi..hohoho..*ga heran, indo sih*

Sesampai di pintu depan JHCC, banyak sekali yang gue perhatikan memakai baju batik.. wew! tercengang juga, ternyata batik emang lagi booming pisan euy.. Ga yang tua, muda, pria pun juga ikut memakainya. Ada apa sih sampai menjadi trend sekarang ini?? dan mengapa baru menjadi trend pada saat ini..?

Indonesia mempunyai begitu banyak ragam budaya, gue pun adalah salah satu pengangum batik. Batik itu unik, etnik dan sebenernya kalo kita bisa mix and match, tentunya batik bisa menjadi baju yang modern juga lho..

Batik itu kan motifnya ramai, jadi kita ga perlu aksesoris yang banyak untuk menjadi keliatan cantik. Kalo kita mau keliatan trendy, kita bisa pakai obi di pinggang, atau ikat pinggang yang simple. Sekarang ini, batik banyak model. Yang gue lihat di Inacraf, ada yang model tanktop, ada yang seperti dress yang panjangnya sampai sepaha (tinggal pakai legging, keren juga). Bentuk leher dari baju batik pun macam-macam, ada yang berbentuk kotak, bulat, sabrina, leher peterpan, leher kerah cina. Baju batik pun juga ditempelin kancing-kancing, ada yang besar dan ada yang kecil juga. Intinya, batik sekarang sudah banyak model, sehingga membuat pemakainya kelihatan trendy dan modis walaupun Batik itu oldfashion, tapi disitulah seninya, yang oldfashion menjadi trend lagi, kayak vintage aja.

Kita harus hati-hati dalam memilih batik *enggak mau kan.. yang tadinya mau keliatan oke, tapi malah brantakan*

Untuk urusan warna, kalo kita orangnya ceria, kita bisa pilih warna terang dan banyak warna, minimal 3 warna, agar tidak keliatan norak karna terlalu ramai. Kalo kita orangnya simple, pilih aja yang 2 warna.
kita juga harus pintar memilih motif, usahakan motifnya enggak terlalu macem-macem. Jangan memilih baju batik yang motifnya potongan-potongan kain motif batik yang menjadi satu. Jangan memilih motif cukin, kesannya enggak mewah aja, enggak mau kan dianggap kain cukin buat gendong anak.

Untuk bawahan, kita bisa pakai legging untuk dress batik yang panjang, kita juga bisa pakai jeans biar keliahatan casual atau mini skirt, pokoknya suka-suka kita aja yang penting polos, asal jangan pilih bawahan yang rame juga.. (masa atas-bawah sama-sama rame), mau manggung dmana nek..? hihihi…

Untuk jenis bahan..hmmm.. ini dia nih, batik banyak banget sih jenis bahannya, sampe pusing. Tapi intinya bisa nyaman dipakai dan bisa nyerap keringat, kalo kita salah milih bahan, bisa disiasati dengan pakai tank-top sebagai daleman.

Untuk alas kakinya, kita bisa pakai flat shoes yang sesuai dengan salah satu warna baju atau bawahan yang kita pakai. Kita juga bisa pakai sendal kalo kita mau kelihatan nyantai, high heels yang simple (jangan bling-bling yee..) untuk keliatan sophisticated!

Saran yang gue berikan itu hanya berdasarkan kacamata gue aja yah. Jadi jangan terpatok dengan gue, karna ini semua kan selera gue.. hehehe.. tapi enggak ada salahnya juga kan kalo saran gue bisa jadi masukkan buat kalian semua yang mau pakai batik..hohoho..

Selamat memakai batik! dan satu lagi, kita yang pakai batik pun jadi bangga, karna enggak cuma jepang aja yang bisa dengan kimononya, kita juga bisa!

(foto diambil dari google.co.id)

Tags: , ,

9 Responses to “BOOMINGNYA si BATIK”

  1. cK Says:

    ter, beliin saya batik donk..😀

    *kedip kedip*

  2. chatoer Says:

    Batiknya, kirim satu ke bandung yah yah, da baek😀

  3. Silly Says:

    Tere… kirain itu foto elo, hahahaha…😀

    Tapi beneran loh, saya lagi jatuh cinta juga sama batik. Sekarang saya pake ornamen batik untuk tempat tidur juga… tetep putih polos sich… tapi ditambah pemanis kain batik yang manjang dijuntai dari kiri ke kanan… gituuu… trus baju batik itu lucu-lucu loh sekarang… sumpah…😀

    Kemarin nich saya lagi jalan2 di PELANGI… eh ada cowok lewet … KECEEEE banget dari belakang, pake batik yg GAUL banget rasanya… pas gue deketin (secara, perasaran abis bokkk… ALAMAKKK, wajahnya sungguh membuat elo mati gaya… hahahha)

    tapi batik emang lagi in kok…😀

  4. ecka Says:

    aku mw liat model-model batik zaman sekarang donk..
    Kl bs seh krm k email ku y……

  5. deby Says:

    batik emang ‘in’ makanya yg nulis blog juga jualan shirt batik.ckcckck.

  6. matriphe Says:

    saya sudah berbatik..😀

  7. Leah Says:

    Wee…I love batik…tiap hari kamis kami -4 cewek Indonesia yg sedang terdampar di Pennsylvania- menjadikan hari tsb sebagai BATIK DAY.
    Yuuu…mari pake batik lagi….

  8. rerere Says:

    tiap hari jumat gw ke kantor pake batik hehe

  9. Antonio WifKinson Tahorudo Says:

    Awalnya aku berperan sebagai penyedia internet dan penerjemah informasi2 utk tmn2ku karena hanya aku yg memakai iPhone dan mengerti bhs Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: